Lamongan, 09/08/2017 Tribratanewslamongan.com – Wakapolres Lamongan Kompol Arief Mukti, S.A.S., S.H., S.I.K., M.S.I menghadiri acara puncak peringatan hari Keluarga Nasional “HARGANAS” XXIV Tahun 2017 di Pendopo Kabupaten Lamongan.

Dalam acara tersebut dihadiri juga oleh :

  1. Bupati Lamongan, Bapak H. Fadeli SH. MM
  2. Wakil Bupati Lamongan, Ibu Kartika Hidayati
  3. Dandim 0812 Lamongan, Letkol Inf Sutrisno Pujiono ,S.E.M.M
  4. Ketua DPRD Kab. Lamongan, Bapak H. Kaharudin SH
  5. Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kab. Lamongan
  6. Perwakilan BKKBN Provinsi
  7. Direktur rumah sakit se Kab. Lamongan
  8. Rektor UNAIR, Prof Dr M. Nasih, SE., M., Ak., CMA beserta para rombongan
  9. Forkopimda

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kab. Lamongan dalam sambutannya menjelaskan bahwa angka pernikahan usia dini di wilayah Lamongan masih sangatlah tinggi sehingga dapat memicu terjadinya perceraian. Beliau juga menambahkan banyak pasangan pasangan muda yang kurang peduli dengan buah hatinya sendiri sehingga rentan terjadi gizi buruk. Sebagai upaya dalam menanggulangi adanya hal tersebut Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kab. Lamongan akan melakukan pengkajian untuk dapat mengatasi masalah tersebut.

Pemerintah Kabupaten Lamongan memberikan dukungan secara penuh terhadap program program milik badan kependudukan dan keluarga berencana nasional (BKKBN). Pengendalian penduduk oleh BKKBN diantaranya adalah kampanye memiliki 2 (dua) orang anak, mengatur jarak kelahiran, sosialisasi pernikahan anak agar tidak sampai menikah dibawah usia 21 (dua puluh satu).

Sementara usia ideal untuk menikah bagi pria adalah 25 (dua puluh lima) Tahun dan bagi wanita adalah usia 21 (dua puluh satu) Tahun. Dalam acara tersebut Bupati Lamongan beserta para hadirin juga sempat dipersilahkan berdiri untuk menyanyikan lagu Indonesia raya dan Mars KB (Keluarga Berencana) serta dilaksanakan penandatanganan MOU antara RS. UNAIR dan RS. Se Kabupaten Lamongan.

Adapun RS. Se Kabupaten Lamongan yang melaksanakan penandatanganan MOU dengan RS. UNAIR diantaranya  sebagai berikut:

  1. RSUD Dr. Soegiri Lamongan
  2. RSUD Ngimbang
  3. RSI Nasrul Ummah Lamongan
  4. RSIA Fatimah Lamongan
  5. Muhammadiyah Lamongan
  6. Muhammadiyah Babat
  7. Bedah Mitra Sehat Lamongan
  8. Suyudi Paciran-Lamongan
  9. Bedah Citra Medika Lamongan
  10. KH. Abdurrahman Syamsuri Paciran-Lamongan
  11. Intan Medika Blawi-Lamongan

Dalam acara tersebut Bupati Lamongan juga berkesempatan untuk memberikan hadiah kepada para pemenang lomba dan purna tugas. Ketika sudah menginjak acara penutup Bupati Lamongan dipersilahkan untuk melakukan pemotongan tumpeng pertama yang diberikan kepada Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kab. Lamongan. Jalannya acara puncak peringatan hari Keluarga Nasional “HARGANAS” XXIV Tahun 2017 di Pendopo Kabupaten Lamongan berlangsung dengan lancar, meriah, dan penuh dengan canda tawa.

LEAVE A REPLY